Kamis, 27 Oktober 2011

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi

Assalamu'alaikum Sahabat...
Pada kesempatan kali ini saya akann memberikan sedikit info yang saya ambil dari salah satu situs. Info yang saya akan paparkan disini mengenai dampak positif dan negatifnya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupoan. Telah kita tahu perkembangan teknologi yang begitu cepat dapat membawa berbagai keuntungan yang signifikan dalam kehidupan kita. Selain dapat menunjang pekerjaan kita,peluasan poengetahuan kita namun disamping itu ada dampak negatif dari perkembangannya berikut rinciannya:


A. DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan informasi dan komunikasi antara lain adalah :

1. Dalam bidang bidang sosial, TIK memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi.
Manusia sebagaai makhluk sosial akan selalu berusaha membentuk komunitas yang sesuai dengan kepentingannya. Dan ia akan selalu berkomunikasi dalam komunitasnya itu. Dengan bantuan peralatan TIK separti telepon atau internet, orang dapat berkomunikasi dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja yang ia inginkan. Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi (penyatuan/gabungan) antara teknologi informasi den telekomunikasi, internet menawarkan banyak kemudahan di dalam berkomunikasi. Jika di masa lalu antar individu dihadapkan pada terbatasnya modal komunikasi, dengan internet persoalan jarak, waktuu, modus dan bentuk informasi tidak lagi menjadi persoalan. Semua informasi dapat dikirim dan diterima delam berbagai bentuk suara, gambar, data, teks maupun kombinasi den semua itu. Dan pada posisi yang sama seseorang dapat berperan sebagai penerima informasi atau juga sebagai sumber informasi.


2. Memperkaya Kebudayaan

Dengan terbukanya jalur globalisasi, maka orang dapat mengetahui kebudayaan kebudayaan bangsa lain tanpa melalui proses sensor. Dengan demikian orang babas untuk memilih kebudayaan mana yang akan diikuti dan mana yang akan ditinggalkan. Dengan demikian orang dapat sekedar meniru kebudayaan bangsa lain atau akan memilih dan memilah untuk disesuaikan dengan kebudayaan yang telah dimilikinya. Dalam hal inilah, penggunaan TIK akan dapat memperkaya khasanah kebudayaan kebudayaan yang telah ada.

3. Dalam Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi penggunaan TIK secara nyata talah membantu memperlancar dan mempermudah kegiatan ekonomi. Proses trainsaksi jual beli dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan akurat. Salain itu, Melalui penggunaan teknologi informasi den komunikasi seperti internet telah membuka peluang bisnis baru.
Adanya internet membuka care baru dalam melakukan transaksi dagang Electronic business dan Electronic Commerce mengubah convensional economy menjadi new economy atau digital economy.

4. Mendorong tumbuhnya proses demokrasi dalam dunia politik
Efek positif dari fasilitas TIK antara lain semua bebas menjadi sumber informasi. Terfasiltiasinya kebuthan akan kebebsaan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi. Penyebaran informasi berlangsungnya secara peer to peer, one to one, one to many ataupun broadcast. Ide perjuangan demokrasi dengan mudah mencapai sasaran masyarakat luas tanpa terkendala oleh rezim pengawasan informasi yang dilakukan oleh penguasa, sehingga pada proses selanjutnya TIK mendorong terjadinya kesamaan ide, sebagaimana terjadi pada keseragaman gaya dan penampilan.
Peran TIK dalam proses demokrasi tidak terbatas pada wahan penyamaan persepsi saja melainkan lebih banyak dari itu. Dalam proses kiritis yang menjadi acuan adalah demokrasi.

5. Meningkatkan Layanan Keamanan

Penggunaan TIK dapat mebant mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Dibangunnya jaringan keamanan dari bank atau pusat pusat perdagangan ke kantor polisi dapat dengan mudah mengetahui apabila terjadi kejahatan atau bahaya yang mengancam.
Internet dalam jalur dan kode khusus digunakan untuk menghubungkan pihak pihak militer negara¬-negara di dunia sehingga dapat mengorganisir dan berkoordinasi untuk menangani kejahatan kejahatan internasional seperti penyelundupan narkoba dan terorisme.

6. Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh

Melalui bantuan TIK, kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan. Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di perkotaan.

7. Memperbaiki Kualitas Pendidikan

TIK dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut dengan istilah e-learning. Melalui e-learning ini pembelajaran jarak jauh ini dapat dimungkinkan sehingga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara negara maju dan negara berkembang.

8. Keuntungan penggunaan TIK dalam bidang bidang lain

Teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh pada bidang bidang lain seperti pertanian. TIK capat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman daan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi ramalan cuaca, sumber benih, can harga pasaran. Kegunaaan TIK juga menguntungkan para petani dalam hal memungkinkan mereka ikut sartta dalam kegiatan adokasi dan koperasi.

B. DAMPAK NEGATIF ATAU KERUGIAN PENGGUNAAN TIK


Sebagai sebuah alatatau mesin, TIK bersifat netral. Bila digunakan dengan benar maka akan memberikan manfaat yang besar bagi manusia, tetapi apabila digunakan untuk kejahatan juga akan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang sangat merugikan. Dampak negatif yang muncul dari pemanfaaan teknologi tidak dapat terhindarkan. Dampak tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Mempermudah masuknya nilai niial budaya asing yang negatif

Kebebasan dalam mengakses atau mendapatkan informasi dari kemajuan TIK telah mendorong nnasuknnya nilai nilai budaya asing yang bersifat negatid seperti cara berpakaian yang tidak sesuai dengan norma dan etika mendorong pergaulan bebas di kalangan remaja tanpa memperhatikan etika pergaulan, kurang harmonisnya hubungan anak aanak dan oarng tua karena anak cenderung memberontak dan ingin berperilaku bebas tanpa aturan orang tua yang mengikat dan sebagainya.

2. Dalam bidang ekonomi

Dampak negatif penggunaan TIK oleh sebagian orang dapat merugkan sebagian lain misalnya mempersempit pasar konvensional. Bergesernya model transaksi konvensional ke arah e-banking arau e-business menyebabkan berkurangnya peredaran uang cash di pasar konvensional.
Penggunaan TIK juga cenderung mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat. Begitu banyak barang atau produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat baik berupa barang-barang primer, skunde, hingga tersier.

3. Dalam bidang keamanan
Dampak negatif penggunaan TIK antara lain adalah mendorong munculnya kejahatan jenis baru. Internet telah mendonong munculnya jenis kejahatan baru yang tidak ada sebelumnya. Perusakan situs internet, pengiriman email sampah (spam), pengiriman virus, semata-mata aktivitas seseorang (spyware), mengacaukan trafik jaringan (DDOS) merupakan contoh kejaharan baru yang muncul setelah adanya internet.

4. Di Bidang kesehatan

Maraknya penggunaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang bekerja serba cepat menimbulkan masalah tersendiri bagi kesehatan manusia. Penggunaan gelombang elektromagnetik pada frekuensi tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh manusia seperti rasa pusing dan mual.

Semoga bermanfaat sahabat.......................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar