Jumat, 28 Oktober 2011

3 Tipe Sistem Informasi

Assalamu'alaikum sahabat.......... 
Secara garis besar tipe sistem informasi ada 3 (tiga) Tipe , yaitu : Decision Support System, Manajemen Information System dan Data Processing System
  • Decision Suport System
DSS dibuat dengan tujuan sebagai suatu cara untuk memenuhi kebutuhan membuat keputusan yang spesifik untuk memecahkan permasalahan yang spesifik. DSS menyediakan informasi pemecahan masalah, maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah semi-terstruktur. Informasi yang dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus dan output dari model matematika dan sistem pakar. Penambahan terbaru pada konsep DSS adalah sistem pendukung keputusan kelompok (Group Decision Support System ). DSS digunakan untuk perencanaan strategi organisasi.

 Peter G. W. Keen dan Scoot Morton mendefinisikan 3 (tiga) tujuan yang harus dicapai DSS, yaitu :
- Membantu manajemen membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur.
- Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
- Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer daripada efesiensinya.


Ketiga tujuan diatas berhubungan dengan 3 (tiga) prinsip dasar konsep DSS, yaitu

1. Struktur Masalah.
 DSS diarahkan pada area tempat sebagian besar masalah berada.

2. Dukungan Keputusan.
 Manajer dan komputer bekerjasama satu tim dalam memecahkan masalah diarea semi-terstruktur yang luas.

3. Efektivitas Keputusan.
  Putusan manager tidak selalu yang terbaik, tapi dalam banyak hal manajer yang memutuskan alteratif mana yang terbaik. Manajer menggunakan pertimbangan dalam menentukan kapan suatu keputusan akan berkontribusi pada suatu solusi masalah. Disinilah letak manfaat utama menggunakan DSS adalah keputusan yang lebih baik lagi.
  • Management Information System
Sistem Informasi Manajemen didefinisikan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Sistem Informasi Manajemen ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atau dalam sub-unit organisasional perusahaan. Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk mendukung fungsi manajemen tingkat menengah.

Berikut beberapa tujuan umum Sistem Informasi Manajemen :

- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
  • Data Processing System
Data Processing System biasa digunakan oleh Low Manajer atau Manajer Tingkat Bawah didalam memproses pengolahan data menjadi hasil yang akurat. Sebelum data bisa diproses oleh komputer yang pertama adalah data harus diubah menjadi format yang dapat dimengerti oleh mesin format. Ketika data sudah menjadi format digital berbagai prosedur dapat diterapkan pada data tersebut untuk mendapatkan informasi. Pengolahan data meliputi semua proses dari Masukan Data hingga Data Mining.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar