Jumat, 28 Oktober 2011

3 Tipe Sistem Informasi

Assalamu'alaikum sahabat.......... 
Secara garis besar tipe sistem informasi ada 3 (tiga) Tipe , yaitu : Decision Support System, Manajemen Information System dan Data Processing System
  • Decision Suport System
DSS dibuat dengan tujuan sebagai suatu cara untuk memenuhi kebutuhan membuat keputusan yang spesifik untuk memecahkan permasalahan yang spesifik. DSS menyediakan informasi pemecahan masalah, maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah semi-terstruktur. Informasi yang dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus dan output dari model matematika dan sistem pakar. Penambahan terbaru pada konsep DSS adalah sistem pendukung keputusan kelompok (Group Decision Support System ). DSS digunakan untuk perencanaan strategi organisasi.

 Peter G. W. Keen dan Scoot Morton mendefinisikan 3 (tiga) tujuan yang harus dicapai DSS, yaitu :
- Membantu manajemen membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur.
- Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
- Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer daripada efesiensinya.


Ketiga tujuan diatas berhubungan dengan 3 (tiga) prinsip dasar konsep DSS, yaitu

1. Struktur Masalah.
 DSS diarahkan pada area tempat sebagian besar masalah berada.

2. Dukungan Keputusan.
 Manajer dan komputer bekerjasama satu tim dalam memecahkan masalah diarea semi-terstruktur yang luas.

3. Efektivitas Keputusan.
  Putusan manager tidak selalu yang terbaik, tapi dalam banyak hal manajer yang memutuskan alteratif mana yang terbaik. Manajer menggunakan pertimbangan dalam menentukan kapan suatu keputusan akan berkontribusi pada suatu solusi masalah. Disinilah letak manfaat utama menggunakan DSS adalah keputusan yang lebih baik lagi.
  • Management Information System
Sistem Informasi Manajemen didefinisikan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Sistem Informasi Manajemen ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atau dalam sub-unit organisasional perusahaan. Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk mendukung fungsi manajemen tingkat menengah.

Berikut beberapa tujuan umum Sistem Informasi Manajemen :

- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
  • Data Processing System
Data Processing System biasa digunakan oleh Low Manajer atau Manajer Tingkat Bawah didalam memproses pengolahan data menjadi hasil yang akurat. Sebelum data bisa diproses oleh komputer yang pertama adalah data harus diubah menjadi format yang dapat dimengerti oleh mesin format. Ketika data sudah menjadi format digital berbagai prosedur dapat diterapkan pada data tersebut untuk mendapatkan informasi. Pengolahan data meliputi semua proses dari Masukan Data hingga Data Mining.

25 Perkembangan IT Dimasa Mendatang

Assalamu'alaikum sahabat,,,,
Perkembangan IT dimasa sekarang ini sudah begitu cepat tak terkecuali juga akan dimasa mendatang yang semakin cepat berikut adalah sedikit perkiraan-perkiraan perkembangan dimasa yang akan datang:

Seperti biasa menjelang akhir tahun, banyak orang akan mereka-reka tren yang akan terjadi di tahun yang akan datang. Sebut saja dalam ranah Teknik Informasi (TI), ada banyak sekali tren yang akan lahir. Dave Evans selaku Chief Futuristic, Cisco IBSG Innovations Practice membeberkan 25 prediksi teknologi teratas yang akan booming dalam beberapa tahun kedepan.

1. Pada tahun 2029, 11 Petabyte storage yang dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari akan tersedia seharga US$100.

2. Dalam 10 tahun kedepan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet sebesar 20 kali lipat.

3. Pada tahun 2013, lalu lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte per bulan. Saat ini, jaringan diseluruh dunia mentransfer data lebih dari 9 exabyte per bulan.

4. Pada akhir tahun 2010, akan terjadi perbandingan satu miliar transistor per orang-setiap transfer seharga sepersepuluh juta sen.

5. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi instan, tanpa peduli jarak.

6. Komputer kuantum komersila yang pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020.

7. Pada tahun 2020, PC seharga US$1000 akan memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia.

8. Pada tahun 2030, kemampuan memproses PC seharga US$1000 akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia.

9. Pada tahun 2050 (dengan mangasumsikan bahwa jumlah total populasi manusia adalah 9 miliar), kemampuan memproses PC seharga US$1000 akan seimbang dengan kemampuan otak keseluruhan manusia di bumi.

10. Hari ini, kita mengetahui 5% dari apa yang akan kita ketahui 50 tahun kedepan. Dengan kata lain, dalam 50 tahun 95% dari apa yang kita ketahui ditemukan di tahun-tahun sebelumnya.

11. Besar data di dunia akan meningkat enam kali lipat dalam 2 tahun kedepan, sementara data perusahaan meningkat 50 kali lipat.

12. Pada tahun 2015, Google akan mengindex sekitar 775 miliar halaman konten.

13. Tahun 2015 kita akan menciptakan banyak hal sebanding dengan Libraries of Congress dalam setahun.

14. Tahun 2020 di seluruh dunia masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabyte (hari ini rata-rata sebesar 128 gigabyte).

15. Tahun 2015, download film dan peer-to-peer file sharing akan melonjak sampai 100 exabyte setara dengan 5 juta Libraries of Congress.

16. Tahun 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabyte trafik data atau sebanding dengan 20 juta Libraries of Congress.

17. Tahun 2015, trafik yang dihasilkan oleh telepon, web, email, poto dan musik akan meledak dan mencapai 50 exabyte.

18. Dalam dua tahun, informasi di internet akan berlipat ganda dalam 11 jam.

19. Tahun 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet (hampir enam perangkat per orang di bumi).

20. Tahun 2020, akan lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.

21. Dengan Ipv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta untuk masing-masing 4.8 triliun alamat IP.

22. Tahun 202, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum di setiap perangkat.

23. Dalam lima tahun kedepan, permukaan apa pun dapat dijadikan layar tampilan.

24. Tahun 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.

25. Tahun 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.

(http://www.bertuah.org/2011/03/25/yang-baru-pada-it-dimasa-depan.htm)

semoga bermanfaat....................

Bijaklah Dalam Pengguna IT

 Assalamu'alaikum sahabat,,,
penggunaa'an IT memang harus bijak dan harus diperhatikan secara baik. nah berikut tips untuk internet sehat bagi kita yang saya ambil dari suatu sumber:


Sehat Ber-internet di Rumah. Cara Sehat Menggunakan Internet di Rumah. Menggunakan Internet ternyata Selain membawa banyak manfaat ternyata Internet juga membawa banyak hal yang negatif, seperti pornografi, perjudian, kekerasan, rasialisme, serangan virus yang mencuri atau merusak data pribadi anda, serangan e-mail sampah, penipuan, pelanggaran privasi, sampai pelecehan seksual. Kontrol keluarga, khususnya orangtua, berperan penting dalam melindungi anak dari kejahatan online. Berikut ini tips berinternet sehat tanpa kehilangan sisi positif di Internet:

1. Jangan Bagikan Data Pribadi:
Ingatkan pada siapa pun yang menggunakan Internet di rumah untuk tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenal. Tekankan agar tidak sembarang memberikan informasi personal, seperti tanggal lahir, password, e-mail, nomor telepon, alamat rumah dan data diri lainnya di situs pribadi, blog, situs jejaring sosial, chat, atau e-mail.

2. Tempatkan Komputer di Ruang Keluarga:
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan Internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses Internet di kamar pribadinya. Letakkan komputer di ruang keluarga agar mudah dilihat dan dikontrol. Jika perlu, beri penjadwalan dalam menggunakan Internet.

3. Luangkan Waktu Dengan Anak Saat Belajar Komputer dan Internet:
Orangtua maupun anak garus tahu dan bisa mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, keamanan transaksi belanja, cara cahting, cara mengetahui situs baik dan situs buruk, mencari dan memutar video di YouTube, dan cara mencari gambar dan video via Google. Kenalkan pula cara menggali informasi yang bermanfaat sekaligus menjauhi informasi yang negatif. Bila perlu, gunakan browser yang aman untuk anak-anak seperti Kid Rocket (www.kidrocket.org)

4. Etiket Bergaul Dengan Teman Online:
Memperluas pergaulan boleh saja, tapi perlu diperhatikan batasan pergaulannya. Jangan menanggapi setiap e-mail atau chat dari orang yang tidak dikenal, termasuk membuka file kiriman attachment dari siapa pun dalam bentuk apa pun.

5. Kenalkan Aktivitas Kreatif Dengan Internet:
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media Internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di Internet.

6. Hindari Kopi Darat:
Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal via chat tanpa didampingi orang tua. Jika ingin kopi darat, pastikan ada orang dewasa yang menemani dan pertemuannya harus berlangsung di tempat umum
.
7. Gunakan Software Parental Control:
Yang tak kalah penting, gunakan software untuk menyaring aktivitas selama online. Software semacam Parental Control bisa membantu kamu melakukan pengawasan dan memblokir situs dengan konten negatif. Dengan begitu, semua bisa bebas ber-internet, tetapi kontrol tetap di tangan kamu sebagai orang tua.
Software Parental control memungkinkan orang tua memonitor aktivitas anak-anak pada komputer. Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk membatasi informasi macam apa yang boleh dan tidak boleh untuk diakses sesuai dengan pilihan kamu. kamu bisa memblokir situs-situs tertentu yang diketahui tidak pantas. Kalau mau lebih ketat lagi, kamu bisa mengunci semua situs dan hanya membuka akses ke situs-situs tertentu yang kamu tentukan saja.
Dari fitur Parental Control pula kamu dapat membuat jadwal akses, di hari dan jam berapa saja anak-anak boleh mengakses Internet serta berapa lama durasinya. Di luar jam yang ditentukan, mereka tidak akan bisa mengakses Internet. Demi keamanan, aplikasi Parental Control akan mencatat aktivitas apa saja yang sudah dilakukan anak-anak. Bila ada aturan yang dilanggar, Parental Control siap untuk menampilkan peringatan.
Agar semua pengaturan yang telah kamu tentukan tidak digota-ganti, kamu bisa memasang password pada konfigurasi Parental Control. Dengan demikian, anak-anak yang sudah mulai mengerti komputer tidak dapat mengubah aturan yang kamu buat. Dengan pengendalian penuh seperti ini, kekhawatiran akan dampak buruk Internet pada anak bisa dikurangi.
Untuk mendapatkan perangkat lunak semacam ini tidak sulit. Program Parental Control dapat dengan mudah ditemui di dalam paket Internet Security. Cukup instal software dan jalankan.

(http://www-hi-tecmall.org/workshop/blog/cara-sehat-menggunakan-internet)

semoga bermanfaat.................

Media Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan

 Assalamu'alaikum sahabat,,,,,

Penggunaan teknlogi dalam kehidupan itu memang sudah menjadi kebutuhan bagi kita dan tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Nah ada banyak media teknologi inforamasi yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan guna menunjang terciptanya cara belajar yang lebih efektif dan efisien. Berikut sedikit media-media yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan:
  
A.Electronic Book (e-Book)

Buku elektronik atau e-Book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Pada e-Book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. e-Book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer (Wibawanto, 2007).
e-Book ini berupa file dengan format beragam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format executable (exe).
Jenis e-Book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5GB), ataupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 4GB).
Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat ada pada misalnya Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-Book menyedia-kan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik, misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.
Pada kebanyakan e-Book menggunakan bentuk format pdf, karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security. Cara membuka e-book ini sangat mudah. Anda dapat mendownload program tersebut (Acrobat Reader 5.0 dan WinZip 8.0) di berbagai situs, seperti www.download.com.

B.Electronic Learning (e-learning)

Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet, sering disebut sebagai online learning.
Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik (Seamolec, 2003). Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun per definisi radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet.
Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah web-site yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh nara sumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan, dapat pula disediakan mailing-list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi.
Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet (Wibawanto, 2007).
Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh email, kanal chatting, atau melalui video conference.
Gambar 2. Model Rancangan Akifitas e-learning
C. Media Aplikasi Lainnya

Selain e-Book dan fasilitas e-learning, berbagai aplikasi lain bermunculan dan kadang saling berintegrasi sehingga menimbulkan sinergi sebagai dampak ikutan perkembangan TIK terutama internet. E-zine dari kata e-magazine, merupakan bentuk digital dari majalah konvensional. Penerbitan majalah berformat digital memungkinkan ditekannya ongkos produksi karena tidak perlu mencetak dan distribusi karena sekali diupload ke server, seluruh dunia bisa mengaksesnya.
Pemutakhiran isinya juga dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga perkembangan mutakhir dapat disajikan dengan lebih cepat. Termasuk dalam kategori e-zine ini adalah e-newspaper yang berfokus pada berita terkini dan e-journal yang memfokuskan diri pada laporan hasil-hasil penelitian.
E-laboratory, merupakan bentuk digital dari fasilitas dan proses-proses laboratorium yang dapat disimulasikan secara digital. Pada dasarnya, perangkat lunak ini adalah perangkat lunak animasi dan simulasi yang dapat dikemas dalam keping CD, DVD maupun disajikan pada web-site sebagai web-based application (perangkat lunak yang berjalan pada jaringan internet).

Blog atau weblog adalah perkembangan mutakhir di bidang web-based application. Ide semula adalah menyediakan fasilitas electronic diary atau buku harian elektronik untuk remaja. Pengguna dapat mengisi buku harian tersebut semudah menulis email, mengunggah (upload) ke server hanya dengan meng-klik ikon, dan hasilnya adalah tayangan tulisan di layar browser.
Pemakai internet di manapun berada dapat melihat publikasi tersebut dengan mengakses alamat situs, misalnya: http://www.ahmadluthfie.wordpress.com.
Dari sisi kandungan isi, blok sekarang banyak berisi gagasan, ide, dan opini pribadi tentang satu masalah yang menarik secara subyektif.
Meskipun akurasi informasi yang tersaji masih bisa diperdebatkan, tetapi yang penting adalah blog memungkinkan seseorang tanpa pengetahuan desain website dapat dengan mudah membuat website pribadi dan mengelola maupun memutakhirkan isinya dengan sangat mudah. Kemudahan lain adalah tersedianya banyak server blog gratis. Dalam konteks pemanfaatannya bagi proses pembelajaran, kandungan isi blog pembelajar, misalnya, dapat menjadi umpan balik bagi fasilitator.

Semoga bermanfaat........................

Kamis, 27 Oktober 2011

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi

Assalamu'alaikum Sahabat...
Pada kesempatan kali ini saya akann memberikan sedikit info yang saya ambil dari salah satu situs. Info yang saya akan paparkan disini mengenai dampak positif dan negatifnya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupoan. Telah kita tahu perkembangan teknologi yang begitu cepat dapat membawa berbagai keuntungan yang signifikan dalam kehidupan kita. Selain dapat menunjang pekerjaan kita,peluasan poengetahuan kita namun disamping itu ada dampak negatif dari perkembangannya berikut rinciannya:


A. DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan informasi dan komunikasi antara lain adalah :

1. Dalam bidang bidang sosial, TIK memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi.
Manusia sebagaai makhluk sosial akan selalu berusaha membentuk komunitas yang sesuai dengan kepentingannya. Dan ia akan selalu berkomunikasi dalam komunitasnya itu. Dengan bantuan peralatan TIK separti telepon atau internet, orang dapat berkomunikasi dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja yang ia inginkan. Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi (penyatuan/gabungan) antara teknologi informasi den telekomunikasi, internet menawarkan banyak kemudahan di dalam berkomunikasi. Jika di masa lalu antar individu dihadapkan pada terbatasnya modal komunikasi, dengan internet persoalan jarak, waktuu, modus dan bentuk informasi tidak lagi menjadi persoalan. Semua informasi dapat dikirim dan diterima delam berbagai bentuk suara, gambar, data, teks maupun kombinasi den semua itu. Dan pada posisi yang sama seseorang dapat berperan sebagai penerima informasi atau juga sebagai sumber informasi.


2. Memperkaya Kebudayaan

Dengan terbukanya jalur globalisasi, maka orang dapat mengetahui kebudayaan kebudayaan bangsa lain tanpa melalui proses sensor. Dengan demikian orang babas untuk memilih kebudayaan mana yang akan diikuti dan mana yang akan ditinggalkan. Dengan demikian orang dapat sekedar meniru kebudayaan bangsa lain atau akan memilih dan memilah untuk disesuaikan dengan kebudayaan yang telah dimilikinya. Dalam hal inilah, penggunaan TIK akan dapat memperkaya khasanah kebudayaan kebudayaan yang telah ada.

3. Dalam Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi penggunaan TIK secara nyata talah membantu memperlancar dan mempermudah kegiatan ekonomi. Proses trainsaksi jual beli dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan akurat. Salain itu, Melalui penggunaan teknologi informasi den komunikasi seperti internet telah membuka peluang bisnis baru.
Adanya internet membuka care baru dalam melakukan transaksi dagang Electronic business dan Electronic Commerce mengubah convensional economy menjadi new economy atau digital economy.

4. Mendorong tumbuhnya proses demokrasi dalam dunia politik
Efek positif dari fasilitas TIK antara lain semua bebas menjadi sumber informasi. Terfasiltiasinya kebuthan akan kebebsaan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi. Penyebaran informasi berlangsungnya secara peer to peer, one to one, one to many ataupun broadcast. Ide perjuangan demokrasi dengan mudah mencapai sasaran masyarakat luas tanpa terkendala oleh rezim pengawasan informasi yang dilakukan oleh penguasa, sehingga pada proses selanjutnya TIK mendorong terjadinya kesamaan ide, sebagaimana terjadi pada keseragaman gaya dan penampilan.
Peran TIK dalam proses demokrasi tidak terbatas pada wahan penyamaan persepsi saja melainkan lebih banyak dari itu. Dalam proses kiritis yang menjadi acuan adalah demokrasi.

5. Meningkatkan Layanan Keamanan

Penggunaan TIK dapat mebant mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Dibangunnya jaringan keamanan dari bank atau pusat pusat perdagangan ke kantor polisi dapat dengan mudah mengetahui apabila terjadi kejahatan atau bahaya yang mengancam.
Internet dalam jalur dan kode khusus digunakan untuk menghubungkan pihak pihak militer negara¬-negara di dunia sehingga dapat mengorganisir dan berkoordinasi untuk menangani kejahatan kejahatan internasional seperti penyelundupan narkoba dan terorisme.

6. Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh

Melalui bantuan TIK, kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan. Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di perkotaan.

7. Memperbaiki Kualitas Pendidikan

TIK dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut dengan istilah e-learning. Melalui e-learning ini pembelajaran jarak jauh ini dapat dimungkinkan sehingga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara negara maju dan negara berkembang.

8. Keuntungan penggunaan TIK dalam bidang bidang lain

Teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh pada bidang bidang lain seperti pertanian. TIK capat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman daan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi ramalan cuaca, sumber benih, can harga pasaran. Kegunaaan TIK juga menguntungkan para petani dalam hal memungkinkan mereka ikut sartta dalam kegiatan adokasi dan koperasi.

B. DAMPAK NEGATIF ATAU KERUGIAN PENGGUNAAN TIK


Sebagai sebuah alatatau mesin, TIK bersifat netral. Bila digunakan dengan benar maka akan memberikan manfaat yang besar bagi manusia, tetapi apabila digunakan untuk kejahatan juga akan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang sangat merugikan. Dampak negatif yang muncul dari pemanfaaan teknologi tidak dapat terhindarkan. Dampak tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Mempermudah masuknya nilai niial budaya asing yang negatif

Kebebasan dalam mengakses atau mendapatkan informasi dari kemajuan TIK telah mendorong nnasuknnya nilai nilai budaya asing yang bersifat negatid seperti cara berpakaian yang tidak sesuai dengan norma dan etika mendorong pergaulan bebas di kalangan remaja tanpa memperhatikan etika pergaulan, kurang harmonisnya hubungan anak aanak dan oarng tua karena anak cenderung memberontak dan ingin berperilaku bebas tanpa aturan orang tua yang mengikat dan sebagainya.

2. Dalam bidang ekonomi

Dampak negatif penggunaan TIK oleh sebagian orang dapat merugkan sebagian lain misalnya mempersempit pasar konvensional. Bergesernya model transaksi konvensional ke arah e-banking arau e-business menyebabkan berkurangnya peredaran uang cash di pasar konvensional.
Penggunaan TIK juga cenderung mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat. Begitu banyak barang atau produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat baik berupa barang-barang primer, skunde, hingga tersier.

3. Dalam bidang keamanan
Dampak negatif penggunaan TIK antara lain adalah mendorong munculnya kejahatan jenis baru. Internet telah mendonong munculnya jenis kejahatan baru yang tidak ada sebelumnya. Perusakan situs internet, pengiriman email sampah (spam), pengiriman virus, semata-mata aktivitas seseorang (spyware), mengacaukan trafik jaringan (DDOS) merupakan contoh kejaharan baru yang muncul setelah adanya internet.

4. Di Bidang kesehatan

Maraknya penggunaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang bekerja serba cepat menimbulkan masalah tersendiri bagi kesehatan manusia. Penggunaan gelombang elektromagnetik pada frekuensi tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh manusia seperti rasa pusing dan mual.

Semoga bermanfaat sahabat.......................

Minggu, 23 Oktober 2011

Jenis-jenis Teknologi Informasi

Assalamu'alaikum.
dizaman sekarang ini di era globalisasi sekarang begitu cepat pekembangan teknologi hingga jenisnya mungkin sudah tidak dapat kita hitung lagi berikut adalah beberapa jenis teknologi informasi:


1.Internet
2.Telepon
3.Handphone
4.Fax
5.Pager
6.Push to talk

1.INTERNET
Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. 
penggunaanya:Buka Mozilla atau browser lainnya , kutipkan alamat website yang dicari di kotak (Address) lalu mulai memakainya

2.TELEPON
 Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, massachusets, pada tahun 1876. Tetapi, penemu italia antonio meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell. 
 penggunannya:Tekan (nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara ,setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT.Jika orang yang anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba lagi,cukup menutup telepon lalu tekan REDIAL).

3.HANDPHONE
Telepon genggam, biasanya disebut juga dengan cellular.Merupakan pengembangan teknologi telepon, dimana perangkatnya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mobile atau berpindah-pindah
penggunannya: pertama-tama isi pulsa ,baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman anda atau yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol (gambar telepon berwarna merah ,ditutup).

4.FAX 
Disingkat dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet (yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP
penggunannya: Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan terkirim

5.PAGER
Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS
penggunaannya: Tekan nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan pada yang anda kirimkan

6.PUSH TO TALK
Alat bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil.Pembicara yg memakainya harus bergantian dengan lawan bicaranya ,misal:si A berbicara lalu berhenti, si B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya 1 PTT bisa dipakai dengan berbanyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara SECARA BERGANTIAN.
penggunaannya: Si A berbicara lalu berhenti,Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya,begitu juga dengan si c,d,e,f,dan lainnya

(sumber:http://izmeecutez.blogspot.com/2009/01/macam-macam-teknologi-informasi.html)


semoga bermanfaat

Sejarah Teknologi

Assalamu'alaikum....
salam silaturrahmi,,kali ini kami akan menguraikan sedikit sejarah singkat mengenai poerkembangan teknologi informasi dan komunikasi.. berikut adalah uaraiannya:
  

1.      masa Perasejarah

a.      Masa (….s/d 3000 SM)
Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

b.      Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)
Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.

c.       Masa 3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

d.      Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1)      2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2)      500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.
3)      105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.


2.      Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)

  1. Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg

  1. Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .

  1. Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

  1. Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.

  1. Tahun 1876
 Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.

  1. Tahun 1877
1)   Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2)   Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.

  1. Tahun 1899
Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
  1. Tahun 1923
Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

  1. Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. 
         
  1. Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.

  1. Tahun 1946
Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.

  1. Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.

  1. Tahun 1957
1)      Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
2)      USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.

  1. Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.

  1. Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.

  1. Tahun 1991-Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih


(sumber:http://www.wss-id.org/blogs/hera_a1_sby/archive/2007/09/23/sejarah-perkembangan-teknologi-dan-komunikasi.aspx)


semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.......

Teknologi Yang Membantu

Assalamu'alaikum......
Pada posting kali ini kami akan membahas mengenai manfaat-manfaat teknologi dalam kehidupan manusia. Begitu banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dari teknologi itu sendiri sehingga proses kehidupan itu tidak dapat terlepas dari peran teknologi berikut saya uraiakan sedikit manfaat-manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari perkembangan teknologi saat ini. Mungkin ini adalah sebagian kecil manfaat teknologi itu sendiri karena mungkin dengan cepatnya perkembangan teknologi maka makin banyak pula manfaat yang diperoleh dari peran teknologi itu sendiri:
Langsung saja uraiannya:


 1. Penerapan Teknologi Informasi dalam Perusahaan Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP ada-lah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

2. Penerapan Teknologi Informasi Dunia Bisnis .Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan internet.

3. Penerapan Teknologi Informasi dalam Perbankan.  Teknologi Informasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagi-han, dan informasi rekening.

4. Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Maka-lah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet meru-pakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya in-teraksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

 5. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan. Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit ka-rena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat pen-yakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pem-bedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

6. Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkanhubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:  G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), G2G (Government to Government)


(sumber:http://www.tribunnews.com/2001/01/12/manfaat-teknologi-informasi-untuk-umat-manusia)


ini mungkin sedikit info yang dapat saya berikan untuk saat ini. Semoga dapat bermanfaat untuk semua pembaca.....